Tuesday, July 5, 2011

pekan raya jakarta 2011

Pecinta musik reggae Tanah Air akan dipuaskan dengan penampilan Big Mountain, Iwan Fals, dan puluhan band reggae lokal dalam ajang Indonesia Reggae Fest, di arena PRJ, Jakarta. Pentas musik reggae ini akan digelar saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional 21 Mei mendatang.
"Tema One Love, One Heart menjadi semangat gelaran Reggae Fest ini. Kerinduan pecinta reggae dapat terpenuhi di sini, sekaligus menandai kebangkitan musik reggae Tanah air," tegas Ketua Pelaksana Indonesia Reggae Fest, Teguh, kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (28/4).
Dikatakan Teguh, Indonesia Reggae Fest merupakan ajang pemusik dan pecinta reggae yang pertama kali digelar. Ajang ini akan menghadirkan lebih 50 band reggae dari berbagai daerah (Medan, Padang, Palembang, Lampung, Jawa, Bali, Lombok, Makassar, Papua, Banjarmasin, Tegal dan daerah lainnya) dengan bintang tamu Big Mountain, band reggae asal San Diego, AS.
Teguh menambahkan, dengan venue yang luas seperti arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), event ini menargetkan menampung 15.000 penikmat musik.
Degan dua stage sebesar 15Mx12M, Land Array Sound System 50.000 Watt di setiap panggung, dan Lighting System 25.000 Watt, serta Multimedia Stage Art, pentas ini diharapkan mampu membuat pengunjung bergoyang bersama. Hanya dengan Rp100.000,- pengunjung dapat menikmati acara ini.
"Kita tidak memakai event organizier (EO) tapi pemusik reggae sendiri yang menjadi panitianya. Acara digelar pada pukul 22.00 hingga 24.00 WIB," ujar Teguh.
Perkembangan musik asal Jamaica ini, dengan pengaruh Blues-Rock-Ska dalam karakter 4/4 time dan simple chord, telah mendunia dengan semangat kemanusiaan, perjuangan hidup, ketidakpuasan terhadap sistem, kecintaan pada alam semesta dan irama harmoni kedamaian dalam persatuan telah merasuk anak negeri.
Dari Bob Marley sampai band-band pengikut jejaknya seperti UB40, Big Mountain, Aswad, Steel Pulse yang berhasil mendunia, diikuti beberapa band Indonesia seperti Black Company, Asian Roots, Hingga Tony Q Rastafara. Dan awal 2005 lahir pula Steven & Coconuttreez, dan beberapa tahun kemudian lahir Cozy Republic, Gangstarasta, dan lainnya. Hingga kini hampir seluruh kota besar di Indonesia memiliki band-band reggae dengan ciri masing-masing tetapi tetap dengan semangat "One Love, One Heart".

No comments:

Post a Comment